07 Mei 2011

Sifat Fisika Kimia Merkuri


Merkuri merupakan logam yang dalam keadaan normal berbentuk cairan berwarna abu-abu, tidak berbau, dengan nomor atom 80, berat molekul 200,59, titik didih 357? C, Titik Leleh 38,4? C,dan massa jenis 13,6 g/mL. Tidak larut dalam air, alkohol, eter, asam hidroklorida, hydrogen bromida dan hidrogen iodida; Larut dalam asam nitrat, asam sulfuric panas dan lipid. Tidak tercampurkan dengan oksidator, halogen, bahan yang mudah terbakar, logam, asam, logam carbide dan amine.
Berwujud cair pada suhu kamar (25?C) dengan titik beku paling rendah -39?C. Masih berwujud cair pada suhu 396? C . Pada temperatur 396? C ini telah terjadi pemuaian secara menyeluruh. Merupakan logam yang paling mudah menguap jika dibandingkan dengan logam-logam yang lain. Tahanan listrik yang dimiliki sangat rendah, sehingga menempatkan merkuri sebagai logam yang sangat baik untuk menghantarkan daya listrik. Dapat melarutkan bermacam-macam logam untuk membentuk alloy yang disebut juga dengan amalgram.
Merupakan unsur yang sangat beracun bagi semua makhluk hidup, baik itu dalam bentuk unsur tunggal (logam) maupun dalam bentuk persenyawaan.
Bentuk Utama Merkuri
Merkuri atau air raksa (Hg) muncul di lingkungan secara alamiah dan berada dalam beberapa bentuk yang pada prinsipnya dapat dibagi menjadi 3 bentuk utama yaitu :
1. Merkuri metal (Hg0) merupakan logam berwama putih, berkilau dan pada suhu kamar berada dalam bentuk cairan. Pada suhu kamar akan menguap dan membentuk uap merkuri yang tidak berwama dan tidak berbau. Makin tinggi suhu, makin banyak yang menguap.
2. Senyawa merkuri anorganik terjadi ketika merkuri dikombinasikan dengan elemen lain seperti klorin (Cl ), sulfur atau oksigen. Senyawa-senyawa ini biasa disebut garam-garam merkuri. Senyawa merkuri anorganik berbentuk bubuk putih atau kristal, kecuali merkuri sulfida (HgS) yang biasa disebut Chinabar adalahberwarna merah dan akan menjadi hitam setelah terkena sinar matahari.
3. Senyawa merkuri organik terjadi ketika merkuri bertemu dengan karbon atau organomerkuri. Banyak jenis organomerkuri, tetapi yang paling populer adalah metilmerkuri (monometilmercuri) CH3 — Hg — COOH.

0 komentar:

Poskan Komentar

Profile

Foto Saya
Lahir di Jakarta pada tanggal 18 sept. Saya memang bukan orang yang rupawan dan pintar, tapi saya selalu berusaha keras untuk mendapatkan apa yang saya impikan dan cita-citakan. Saat ini saya sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi saya di PTN/PTK Walaupun masih lama tapi saya akan berusaha keras untuk mewujudkannya mohon doa dari para pembaca untuk studi saya.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More